oleh

Politik Seni Bela Negeri

-Kolom-332 views

Mengenali politik menjadi kewajiban bagi setiap warga negara sebab politik adalah bagian dari kehidupan yang melekat pada setiap interaksi sosial. Seseorang yang tidak mau mengenal politik adalah mereka yang tidak mau berdemokrasi sebab “life without domocration is nonsense”.

Definisi politik dikenal di kalangan akademisi adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun non-konstitusional. Namun secara umum pengertian politik adalah sebuah tahapan untuk membentuk atau membangun posisi-posisi kekuasaan di dalam masyarakat yang berguna sebagai pengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan kondisi masyarakat. Dapat dipahami politik merupakan sebuah langkah untuk mencapai tujuan melalui cara-cara dan proses-proses yang perlu dijalani guna mencapai suatu cita-cita bersama.

Kali ini di masyarakat politik lebih terkenal dengan “negative activities”. Mengapa demikian? Dari beberapa pendeketan yang dilakukan terhadap sekelompok masyarakat awam maupun sekelompok akademisi yang non organisasi mereka mengatakan politik adalah tipu muslihat. “Manis di awal kemudian membungkam di belakang.” Seperti itu kira-kira mereka mempersepsikan politik. Disadari atau tidak, praktik politik saat ini sungguh bisa membawa kesesatan bagi mereka yang tidak memiliki “filter power” sehingga manut terhadap isu sara yang disebarkan mengatasnamakan agama. Sebagai misal, isu yang lebih dominan diangkat ke permukaan sehingga tak jarang lahir berbagai kontradiksi terhadap persoalan-persoalan tertentu.

Seni Politik

Sebagai human society yang memiliki peran penting dalam bidang politik bahwa berpolitik harus cerdas, penikmat politik juga perlu cerdas, serta penyampai politik harus lebih cerdas, agar tidak gagal paham dalam mencerna dan mengkaji percaturan dan pertarungan politik bukan lantas lempar batu cuci tangan lalu beres suatu insiden. Berpolitik perlu adanya dampak positif bagi masyarakat serta lingkungan sekitar. Politik adalah seni. Oleh karena itu, semua yang berkaitan dengan seni berkesinambungan dengan keindahan. Indah dipandang, indah dilihat, dan indah dinikmati. Seluruh yang terangkum dalam seni merupakan suatu karya tertinggi tangan-tangan Tuhan yang disampaikan melalui firman dan semacamnya sehingga yang terpenting dari pasca proses tersebut melahirkan sebuah keindahan baru yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat.

Pertarungan Politik

Percekcokan berawal dari suatu pendapat sepihak yang kemudian berujung pada usaha menjatuhkan lawan. Sikut kanan dan sikut kiri. Menyebabkan situasi dan kondisi yang tidak kondusif dan rawan konflik. Era sekarang pertempuran politik terjadi melalui propaganda. Jika meminjam analogi strategi angkat bambu, satu diinjak dan satunya diangkat. Untuk menjatuhkan lawan segala cara halal dilakukan.

Medan politik bisa terjadi di mana saja sebab yang terpenting sentuhan yang begitu seksi akan lebih baik untuk dinikmati. Di masa kolonial, medan pertarungan politik terjadi di sebuah ruang yang dikenal “circle table”  atau meja bundar. Adalah suatu pertarungan yang dilakukan dengan jalur diplomasi atau kesepakatan bersama. Akan tetapi, kadang, hal tersebut tidak menemukan kesepahaman sehingga terjadilah genjatan senjata. Stratgi politik dan pasukan khususnya yang dipersenjatai lengkap diluncurkn di tengah lapangan untuk menghancurkan lawan. Akhirnya terjadi sebuah peperangan sengit untuk saling menaklukan dengan ambisi dan emosi membunuh tanpa memikirkan bahwa dampak serangan tersebut dapat menimbulkan kehancuran.

Sementara itu, politik yang lebih berbahaya adalah politik senyap. Ia dimainkan di ruang-ruang maya yang memiliki dampak sangat luas, seperti yang dimainkan oleh Sengkuni dengan permainan dadunya dapat menaklukan pasukan pandawa merebut indraprastha. Hal seperti inilah terjadi di era sekarang. Para pemain memegang satu catur. Kuda dimainkan sedemikian rupa. Loncat sana-sini. Membuat keributan tiada henti, yang memiliki tujuan menyebar kegaduhan untuk membuat kekhawatiran dengan serangan-serangan dadakan, lalu pergi tanpa jejak. Ketika situasi dan kondisi kacau muncullah malaikat yang ingin popular. Dengan janji dan semangatnya tampak seperti pahlawan “super power”. Hadir di tengah-tengah rakyat dengan segenggam perubahan dijanjikan. Namun demikian, itu sekadar kata-kata yang kerap mereka ucapkan sebagai pelipur lara.

Hubungan Politik

Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia tak lain bertujuan untuk berdagang rempah-rempah. Memiliki teknologi yang lebih maju menjadi salah satu jalan utama untuk menguasai ekonomi melalui jalur perdagangan yang berpengaruh dan mampu mendominasi serta mulai menciptakan batasan baru. Berpolitik dianjurkan dan sangat diwajibkan guna mengusir penjajah tempo itu seperti halnya berpolitik di medan pertempuran yang dilakukan Jendral Soedirman. Dengan strategi geriliyanya Soedirman mampu menakuti penjajah untuk angkat kaki dari medan pertempuran dan Soekarno, presiden pertama negeri ini, melakukan hubungan politik melalui jalur diplomasi untuk memperoleh kesepakatan kemerdekaan yang diakui dunia.

Pengamat Politik, Sumut Dadang Darmawan, mengatakan, hubungan politik dengan kesejahteraan masyarakat adalah hubungan yang tidak terlepaskan, dan merupakan bangunan yang satu. Ditinjau dari sudut epistemologi politik atau police yang berarti kebijakan berhubungan erat dengan perilaku-perilaku yang terkait dengan suatu pembuatan kebijakan, sehingga “politisi” adalah orang yang mempelajari, menekuni, mempraktekkan perilaku-perilaku di dalam politik tersebut. Oleh karena itu, secara garis besar politik merupakan kebijakan yang menciptakan perilaku-perilaku postif untuk menciptakan kebijakan negara agar tercapai kemakmuran, kedamaian, dan kesejahteraan.

Komentar

News Feed