oleh

Ribuan Mahasiswa Malang Seruduk Kantor DPRD

-Regional-320 views

Ribuan mahasiswa Malang menggelar aksi menolak RKUHP dan kebijakan-kebijakan lainnya dari anggota dewan yang tidak pro rakyat di depan kantor DPRD Kota Malang, Senin (23/9/2019). (ABDULLAH/INDOTRIBUN.ID)

Malang, Indotribun.id – Ribuan Mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Kota Malang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Kota Malang, Senin (23/9/2019). Dengan membawa atribut dan berpakaian serba hitam mahasiswa seruduk gedung DPRD.

Aksi massa tersebut mengkritisi kinerja DPR RI yang berencana mengesahkan undang-undang yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat kecil. “DPR itu Dewan Perwakilan Rakyat, bukan Dewan Penindas Rakyat,” ucap salah satu orator.

Selain itu, mahasiswa mendesak DPR RI mencabut draf RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan yang dianggap sebagai undang-undang ngawur, tidak pro terhadap rakyat, dan segera mengesahkan RUU Pengahapusan Kekerasan seksual, RUU Perlindungan Pekerja Rumah tangga dan lainnya.

Adapun tuntutan yang lain, mahasiswa meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) secepatnya mengeluarkan PERPU Pencabutan UU Sumber Daya Air, serta UU KPK yang beberapa hari lalu telah disahkan oleh DPR RI.

“Kami harap Pak Presiden terhormat, bisa mendengar aspirasi kami. Dan sesegera mungkin mengeluarkan PERPU untuk mencabut UU KPK yang baru karena dirasa semakin memperlemah kewenangan KPK,” tambahnya.

Massa aksi yang dimulai sejak puluk 09:30 berakhir damai. Sekitar jam 13:00 para mahasiswa satu per satu sudah meninggalkan lokasi.

Editor: LF

Komentar

News Feed