oleh

Rinaldi Nur Ibrahim, Pemuda Inspiratif yang Memiliki Segudang Prestasi hingga Mengharumkan Negeri

Rinaldi Nur Ibrahim, pemuda inspiratif pada saat menggunakan baju adatnya (Foto: Istimewa)

Indotribun.id- Siapa yang tak kenal dengan sosok pemuda inspiratif yang satu ini. Pemuda kelahiran Bone, Sulawesi Selatan, 1 Maret 1998, telah berhasil menginspirasi kalangan muda milenial di Indonesia.

Memiliki Nama Lengkap Rinaldi Nur Ibrahim, ia sukses meraih segudang prestasi di bidang akademik maupun non akademik, bahkan ia telah banyak mendirikan platform yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Niat baik itu ia tempuh sejak menjadi mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ia mengambil jurusan S-1 Farmasi. Dimana sejak kuliah ia telah mendapatkan Beasiswa dari Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui jalur Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Inal, Sosok Inspiratif pemuda Indonesia (Foto: @rinaldi_ni)

Pemuda yang memiliki paras tampan dengan bentuk wajah oval ini menjadi mahasiswa berprestasi 2 di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah, serta berbagai penghargaan yang lainnya. Termasuk penghargaan yang paling berharga semasa ia kuliah adalah menjadi wisudawan terbaik dikampusnya.

Pemuda yang berasal dari suku bugis itu juga diketahui dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor Banten pada tahun 2019, dan di tahun yang sama juga meraih penghargaan sebagai Putera Bahari Indonesia Persahabatan.

Inal Pada saat meraih penghargaan Putera Bahari Indonesia Persahabatan 2019

Prestasi demi prestasi terus mengalir dalam dirinya, dari semangat yang membara dan kerja keras yang luar biasa. Prestasi yang ia dapatkan salah satunya, ia mewakili Indonesia di kancah Internasional pada acara International Conference UNEOS Thailand 2017.

Penghargaan Internasional terus diraih olehnya. Salah satunya adalah Best Delegate di kegiatan Youtex Seoul South Korea. Mengharumkan tanah air dapat dipastikan menjadi impian besar bagi semua anak bangsa, dan Inal, sapaan akrabnya, telah mampu mengarumkan Indonesia.

Tidak hanya memiliki segudang prestasi, Influencer sekaligus Youtuber dengan konten edukatif itu, memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Inal menyadari sosoknya yang terdoktrin sejak menjadi mahasiswa baru di UIN Jakarta, bahwa dirinya sebagai mahasiswa dituntut harus menjadi agen of change dan agen of social control tidak hanya selesai pada untaian kata semata, melainkan harus dibuktikan dengan tindakan nyata.

Terbukti, ia kemudian membuat sebuah gebrakan baru, yaitu dirinya membuat sebuah sosial Interprise dalam bentuk cemilan yang ia beri nama Otti Chips. Dimana hasil dari penjualan Otti Chips akan ia salurkan pada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Inal bersama Otti Chipsnya (Foto: @rinaldi_ni)

Tidak berhenti disitu, pemilik akun intagram @rinaldi_ni menjadi Founder di beberapa komunitas berbasis kepemudaan dan sosial kemasyarakatan. Beberapa diantaranya adalah Youth Ranger Indonesia (YRI), Bijak Obat, dan Indonesian Drug Campaign.

YRI merupakan sebuah platform yang fokus mengembangkan potensi diri pemuda Indonesia melalui system mentoring dengan bantuan mentor yang telah ahli dibidangnya. Platform yang telah memiliki 10.000 member ini hadir untuk mengembangkan bakat dan potensi pemuda Indonesia.

Rinaldi Nur Ibrahim (Inal) Bersama YRI (Foto: @rinaldi_ni)

Selanjutnya adalah Bijak Obat Indonesia. Komunitas yang ia dirikan ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar obat-obatan, pengobatan secara islami, dan perihal hidup sehat sehari-hari.

Sedangkan Indonesian Drug Campaign fokus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pemahaman Penggunaan Obat & Menjaga Kesehatan.

Segala prestasi dan karakter baik yang telah dimiliki dan didapatkan oleh Rinaldi tentu tidak dapat diraih tanpa dukungan serta doa dari orang-orang baik disekitarnya.

Baginya, orang yang sangat berpengaruh dalam kehidupannya hingga ia menjadi orang yang sukses di usianya yang masih terbilang muda adalah sosok kedua orang tua. Meski orang tuanya tidak memiliki pendidikan yang tinggi, namun didikan dan dukungan yang diberikan oleh kedua orang tua sangat berpengaruh dalam kehidupan Inal.

Ayah (Ibrahim) dan Ibunda (Nurhasanah), kedua orang tua Inal (foto: rinaldi_ni)

Kesuksesan dan prestasi yang didapatkan oleh Inal nyatanya tidak berjalan mulus, banyak lika-liku kehidupan yang butuh perjuangan keras untuk ia tempuh.

Inal, seorang anak yang berasal dari desa untuk pertama kalinya merantau ke Jakarta pernah mengalami fase suram. Dimana ia pernah merasa kesulitan untuk berkembang di perantauan. Ia sempat mengalami shock culture, lingkungan yang bertolak belakang dengan kehidupannya di pesantren dan di kampung, merasa asing dan minim teman.

Namun, Inal mampu melewati semuanya dengan kegigihan yang tinggi, tekat yang sungguh, hingga pada akhirnya ia menemukan lingkungan yang positif dan mampu membuat ia berkembang dengan konsisten.

Sebagai orang yang sukses, Inal selalu memiliki target untuk kehidupannnya dimasa yang akan datang. Dimana ia menargetkan berbagai platform yang telah ia dirikan dapat berkembang dan besar, serta bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dan seluruh dunia.

Inal juga menargetkan beberapa tahun kedepan ingin menjadi seorang BusinessMan dan juga akan membangun beasiswa dengan nama Beasiswa Rinaldi Nur Ibrahim, untuk anak-anak sekolah yang kurang mampu dan juga untuk para pemuda yang ingin melanjutkan kuliah.

(Indotribun.id/@faruq_btw)

Komentar

News Feed