oleh

Selamat! Tiga Ilmuwan Ini Raih Penghargaan Nobel Fisika 2021

Ilustrasi manabe, Hasselmann, parisi, Ilmuwan peraih Nobel Fisika 2021 (Foto: Istimewa)

Indotribun.id, Internasional- Akademi Sains Kerajaan Swedia kembali mengumumkan peraih penghargaan Nobel 2021. Kali ini penghargaan Nobel fokus di bidang Fisika tentang pemodelan iklim dan fenomena kompleks.

Adapaun ilmuwan peraih Nobel Fisika 2021 itu, adalah Syukuro Manabe dari Princeton University, Amerika Serikat. Klaus Hasselmann dari Max Planck Insitute for Meteorology, Hamburg, Jerman, dan Giorgio Parisi dari Sapienza University of Rome, Italia.

Manabe adalah Meteorolog senior di Universitas Princeton yang sudah dikenal dengan demonstrasinya mengenai peningkatan karbondioksida di atmosfer yang menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi.

Dan peraih nobel selanjutnya, Hasselmann merupakan seorang profesor di Institut Meteorologi Max Planck di Jerman. Manabe dan Hasselmann telah berkolaborasi membuat sebuah model yang menghubungkan cuaca dan iklim, model tersebut menjawab pertanyaan mengapa model iklim dapat diandalkan meskipun cuaca berubah-ubah dan tidak beraturan.

Untuk Parisi, salah satu Profesor dari Universitas Sapienza, Roma. Ia sebelumnya telah mendapatkan hadiah Nobel untuk temuannya tentang pola tersembunyi pada material kompleks tak teratur. Temuan tersebut menjadi salah satu kontribusi penting dalam teori sistem kompleks.

Dilansir dari CNN Indonesia, Manabe dan Hasselmann dianugerahi penghargaan nobel di bidang fisika untuk pemodelan fisika dari iklim Bumi, kuantifikasi variabel dan memprediksi pemanasan global dengan handal.

Sedangkan Parisi, diberi anugerah penghargaan untuk temuannya pada interaksi ketidakteraturan dan fluktuasi dalam sistem fisika dari skala atom ke planet.

Penghargaan pada ketiga ilmuwam tersebut diumumkan melalui akun Twitter resmi Penghargaan Nobel @NobelPrize.

Twitter: @NobelPrize

“Akademi Royal Ilmu Pengetahuan Swedia telah menentukan untuk menghadiahi #PenghargaanNobel 2021 bidang Fisika pada Sukuro Manabe, Klaus Hasselmann and Giorgio Parisi kontribusinya dalam melakukan terobosan pada pemahaman kita tentang sistem fisika yang kompleks,'” tulisnya pada Selasa (5/10).

Hadiah Nobel Fisika 2021 diumumkan hari ini setelah pada Senin penerima Nobel Kesehatan 2021 juga diumumkan.

Sebagai informasi tambahan, Nobel Kesehatan 2021 dimenangkan oleh David Julius dan Ardem Patapuitian dari Amerika Serikat. Keduanya berjasa menemukan reseptor pada kulit yang berfungsi untuk merasakan panas dan sentuhan.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed