oleh

Seno Gumira Ajidarma Tidak Melihat Apa Pun Selain Layar Laptop

Seno Gumira Ajidarma

Dalam tulisannya, tahun 2015, tepatnya dari tanggal 8 sampai 17 Maret, Seno Gumira Ajidarma mengatakan bahwa ia tidak melihat apa pun selain layar laptop. Yang dilakukan Seno sangat beralasan. Ia harus mengirim tulisan setidaknya 600 kata setiap hari ke suratkabar Jawa Pos untuk menyelesaikan kontraknya menulis cerita silat bersambung Naga Jawa di surat kabar tersebut.

Kontrak penulisan cerita silat itu berdurasi 365 hari. Dari durasi itu, cerita bersambung yang ditulis Seno dimuat setiap minggu. Ada waktu sekitar empat sampai lima hari sebelum tulisan berikutnya dimuat. Tapi, alih-alih santai dan berleha-leha Seno memilih untuk menulis setidaknya 600 kata setiap hari dan mengirimnya ke Jawa Pos.

Padahal yang terjadi, saat itu Seno sedang berada di Jepang, mengemban tugas dari Fakultas Film dan Televisi IKJ, mengiringi mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa dengan Japan Institute of Moving Image (JIMI). Berada di Jepang, dengan banyak panorama indah dan gadis-gadis cantik, tentu, kalau itu orang lain, meskipun sedang mengemban tugas mendampingi mahasiswa melakukan studi banding atau semacamnya, apalagi ke Jepang, cenderung lebih tertarik pergi kelayapan ke tempat-tempat indah dan menarik.

Tetapi, yang dilakukan Seno berbeda. Tugas mendampingi mahasiswa ke Jepang bukan dijadikan kesempatan untuk pergi jalan-jalan, apalagi pergi ke luar negeri sudah semacam kegiatan biasa baginya. Seno berkata, ia harus menyiasati setiap detik dan menit dengan effektif. Caranya adalah, kata Seno, “begitu sela begitu ngetik”, mulai saat berada di dalam bis jemputan, pura-pura mencatat saat acara diskusi, sehabis rehat makan, dan mencari bangku dalam “acara bebas”.

Pukul 10 malam, beberapa saat setelah tiba di hotel, Seno sudah menyelesaikan 400-500 kata, dan sisanya, kata Seno, tinggal berperang melawan kantuk dan langsung mengirimnya. Orang Jepang memperlakukan waktu dengan efektif. Tapi, Seno berpikir, ia harus memperlakukan waktu lebih efektif lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed