oleh

Sepi Pengunjung, Penjual Buku IBF Mengeluh

-Regional-217 views

Pengunjung Islamic Book Fair (IBF) ke 35, yang bertempat di Aula Skodam Kota Malang, Jumat (13/9/2019). (ABDULLAH/INDOTRIBUN.ID)

Malang, Indotribun.id – Sejumlah penerbit yang menjadi peserta dalam kegiatan Islamic Book Fair (IBF) ke 35 2019 di Malang mengeluh lantaran omset penjualan menurun. Hal ini terjadi karena sangat sedikit pengunjung yang datang ke satu-satunya pemeran terbesar tentang buku-buku keislaman tersebut.

“Jelas berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekarang pengunjung semakin sedikit, akibatnya omset juga berkurang,” ungkap salah satu penjual buku, Taufiq, kepada Indotribun.id di sela-sela pelaksanaan IBF di Aula Skodam Kota Malang, Jumat (13/9/2019).

Taufik menuturkan, kegiatan seperti ini biasanya ditunggu-tunggu dan mendapat respon luar biasa, baik dari kalangan mahasiswa, pelajar maupun masyarakat umum. Namun pada kenyatannya, di hari kedua IBF yang sudah berlangsung dari tanggal 12 hingga 16 September 2019 pengunjung yang datang berkurang.

Tidak maksimalnya promosi yang dilakukan panitia IBF juga menjadi salah satu penyebab sedikitnya pengunjung tahun ini. “Sangat disayangkan sekali. Padahal selain itu masyarakat juga berkesempatan mengikuti beberapa serangkaian kegiatan yang diadakan panitia IBF tahun ini. Misal, talkshow interaktif yang menghadirkan Ust. Nur Muhammadian, hingga nantinya bisa berkeliling mencari buku-buku tentang keislaman,” jelas Taufik.

Ia berharap panitia maksimal dalam mempromosikan IBF sehingga informasinya menyeluruh dan diketahui masyarakat luas. Banyak dan antusiasnya masyarakat yang datang akan berdampak pada pendapatan para penjual buku.

Editor: LF

Komentar

News Feed