oleh

Spesial Ramadhan: Alasan Nabi Ibrahim, A.S Mendapatkan Gelar Khalilullah

Foto: Buku kisah Nabi Ibrahim (@warungbukuanak).

Indotribun.id, edukasi- Semua umat islam tahu, bahwa nabi yang diberi gelar Khalilullah atau sang kekasih Allah SWT adalah Nabi Ibrahim AS. Gelar tersebut termaktub dalam surat An Nisa ayat 125,


وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Artinya:

Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah, sedang dia mengerjakan kebaikan, dan mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah telah memilih Ibrahim menjadi kesayanganNya,” Qs. surat An Nisa ayat 125.

Bukan tanpa alasan, Allah SWT menyematkan gelar Khalilullah setelah Nabi Ibrahim berhasil melewati ujian yang diberikan oleh-Nya. Ujian yang dimaksud berupa perintah untuk menyembelih putranya setelah beliau telah menanti kelahirannya selama berpuluh-puluh tahun.

Mengutip buku Sejarah Ibadah karya Syahruddin El Fikri, para malaikat yang mengetahui gelar ini sempat melayangkan tanya seperti diceritakan dalam sebuah riwayat. Malaikat Jibril bertanya pada Allah SWT alasan di balik pemberian gelar Khalilullah tersebut.

“Ya Allah, mengapa Engkau memberi gelar Khalilullah kepada Ibrahim, padahal ia sibuk dengan kekayaan dan keluarganya? Dengan demikian, bagaimana mungkin ia pantas menjadi Khalilullah?” tanya Malaikat Jibril.

Allah SWT pun dalam kisahnya menjawab, “Jangan kalian menilai secara lahiriah, tapi lihatlah hati dan amal baktinya. Karena tiada di hatinya rasa cinta selain kepadaKu. Bila kalian ingin menguji, ujilah dia.”

Hingga Malaikat Jibril kemudian turut menguji Nabi Ibrahim dan hasilnya terbukti bahwa kekayaan dan keluarganya tidak sedikit pun membuat Nabi Ibrahim lalai dalam mengabdi kepada Allah SWT.

Di samping itu, Kitab Nashoihul Ibad pernah menjelaskan 3 sebab mengapa nabi yang diberi gelar Khalilullah adalah Nabi Ibrahim.

3 Sebab Nabi yang Diberi Gelar Khalilullah Adalah Nabi Ibrahim

Selalu mendahulukan perintah Allah SWT

Sebab yang pertama ini sebagaimana yang pernah disinggung dalam pembahasan sebelumnya. Nabi Ibrahim tanpa pikir panjang menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya yang sudah lama dinantinya.

Meski atas izin Allah SWT, anaknya, Nabi Ismail AS, kemudian diselamatkan Allah SWT dan diganti dengan domba. Hal ini pula yang kemudian menjadi asal-usul turunnya perintah berqurban.

Selain itu, dikisahkan saat Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk khitan pertama kalinya, beliau langsung memotong kulupnya sendiri dengan kapak. Padahal, beliau diketahui memiliki pisau atau alat tajam lainnya.

Ternyata, Nabi Ibrahim berkata, ia segera mengambil benda apa pun di dekatnya kala perintah tersebut turun. Sebab, beliau khawatir masuk dalam golongan orang yang suka menunda perintahNya.

Selalu tawakal pada Allah SWT

Sebab yang kedua mengapa Nabi Ibrahim A.S diberi gelar Khalilullah dikarenakan selalu bertawakal kepada Allah SWT. Seperti yang telah dibuktikan oleh Malaikat Jibril, kekayaan yang dimiliki Nabi Ibrahim tidak lantas membuatnya lupa dengan Allah SWT.

Bapaknya para tamu

Terakhir, Nabi Ibrahim dikenal sebagai seorang yang selalu memuliakan tamunya. Bahkan diketahui tidak pernah makan kecuali ada seorang tamu yang menemaninya.

Hal ini yang juga kemudian membuat beliau mendapat julukan Abu ad-Duyuf atau bapaknya para tamu. Bahkan, Nabi Ibrahim rela berjalan satu hingga dua mil untuk mencari tamu agar bisa makan bersamanya.

Nah, itu tadi alasan mengapa Nabi Ibrahim bersandang gelar Khalilullah.

(Ald/wkd)

Komentar