oleh

Tanggapi Ceramah Ustadzah Oki, Dosen Agama Islam Unitri Jelaskan Pentingnya Harmonisme dalam Rumah Tangga

Muhammad Fauzi Emqi, M.Pd (Kanan) saat diwawancarai di program Observasi Indotribun (Ist).

Indotribun.id, Malang- Dosen Agama Islam Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang Muhammad Fauzy Emqi, M.Pd menjelaskan, bahwa Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak akan pernah terjadi apabila kedua belah pihak (Suami dan Istri) saling harmonis.

Seorang suami, lanjutnya, memiliki tanggung jawab besar terhadap istri apabila sang istri melakukan kesalahan. Selain itu, dirinya juga menjabarkan pentingnya Sang Suami memuliakan seorang istri baik dalam situasi maupun kondisi apapun.

“Yang perlu ditegaskan KDRT ini tidak akan pernah terjadi bila keduanya sama-sama harmonis. Suami itu punya tanggungjawab besar kepada istri bila melakukan kesalahan,” ungkapnya saat diwawancarai oleh Tim Indotribun di Masjid Margo Utomo, Sabtu, 5 Februari 2022.

Dalam salah satu potongan isi ceramah yang kini tengah viral, yaitu ceramah Ustadzah Oki berbicara soal seorang istri yang baru saja dipukul suaminya. Namun, Oki mengatakan sang istri lalu tidak menceritakan tindakan suaminya itu ketika orang tuanya berkunjung ke rumah.

Menanggapi hal tersebut Fauzy, secara normatif dan praktik idealnya, Islam sangat melindungi perempuan dari kekerasaan apapun. Menurutnya jika ada persoalan dalam rumah tangga cobalah selalu bertabayyun, mengklarifikasi apa yang menjadi persoalan sebenarnya.

“Islam menolak segala tindak kekerasan apapun, apalagi kekerasan terhadap perempuan. Cobalah untuk mencari latar belakang persoalan apa yang terjadi sebenarnya”. Ungkapnya.

Ia turut menjelaskan, Suami-Istri tidak akan pernah menikmati indahnya Sakinah, Mawaddah, Warahmah, jika terjadi persoalan tidak pernah menyelesaikannya secaara baik-baik, apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan.

“KDRT karena sebab apapun adalah tercela, namun yang terpenting suami-istri yang baik akan dapat menyelesaikan persoalan dengan baik, jangan main kekerasan biar nanti dapat menikmati puncak keindahan sakinah, Mawaddah, warahmah.”imbuhnya.

(Rd/Frq)

Komentar