oleh

Tanpa Kantongi Izin, Aksi Reuni Demonstrasi Alumni 212 Tetap Akan Digelar Hari Ini

ilustrasi para pendemo reuni 212 (foto: msn.com)

Indotribun.id, Jakarta- Acara Aksi Reuni 212 yang menjadi agenda rutin setiap tahun dengan dalih membela ulama itu akan tetap akan digelar hari ini. Lokasi akan dimulai di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021), meski sebenarnya belum mengantongi izin dari pihak kepolisian.

Dilansir dari kompas.com, Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengatakan, acara itu tidak perlu mendapatkan izin dari kepolisian.

Karena menurut pihaknya, hal itu telah merujuk pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

“Cukup pemberitahuan, bukan izin, dan itu koordinator lapangan sudah melayangkan ke Polda Metro Jaya,” ujarnya dikutip dari kompas.com.

Slamet menambahkan, acara Reuni 212 di Patung Kuda akan berjalan damai seperti namanya, “Aksi Superdamai”.

“Di patung kuda itu aksi superdamai (unjuk rasa) menyatakan pendapat di depan umum dengan tuntutan bela ulama, bela MUI, dan ganyang koruptor,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Polda Metro Jaya mengancam bakal memidanakan panitia penyelenggara hingga peserta yang nekat melangsungkan kegiatan Reuni 212 di kawasan Patung Kuda.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Endra Zulpan menjelaskan, kepolisian bisa menindak tegas panitia ataupun peserta karena kegiatan tersebut tidak mendapatkan izin.

“Apabila memaksakan juga untuk melakukan kegiatan, maka kami akan menerapkan ketentuan hukum yang berlaku kepada mereka yang memaksakan,” ujar Zulpan kepada awak media, Rabu kemarin.

Hingga berita ini dimuat, pihak kepolisian juga akan melakukan pengalihan arus lalu lintas, salah satunya di kawasan Jalan Veteran Raya, Jalan Abdul Muis menuju Majapahit, Jalan Kebon Sirih menuju Wahid Hasyim, dan Jalan Sunda.

(Indotribun/Faruq)

Komentar