oleh

Terkuak! Ini Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Ilustrasi kebakaran besar (Foto;merdeka.com)

Indotribun.id, Investigasi- Tertanggal 29 Maret 2021 peristiwa kebakaran Kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terus di telusuri. Kali ini penyebabnya pun mulai diketahui.

PT Pertamina (persero) mengungkapkan hasil investigasi yang selama ini dilakukan. Data, fakta dan bukti telah dikumpulkan, dan pada akhirnya ditemukan apa sebenarnya penyebab kebakaran Kilang Minyak terbesar se-Asia tersebut.

Perseroan selain melalukan investigasi secara internal, juga melakukan investigasi eksternal dengan didampingi oleh empat investigator eksternal antara lain; Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pusat Penelitian Petir LAPI ITB, dan konsultan luar yakni Det Norske Veritas (DNV).

Sementara itu, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, Djoko Priyono, berkesimpulan dari hasil investigasi pihak eksternal, yaitu “Mayoritas hasil investigasi menyebutkan telah terjadi kebocoran di dinding Tangki G dengan penyebab yang berbeda-beda dari setiap hasil investigasinya.”

Dilansir dari infopublik.id, dengan hasil analisis tersebut, ditemukan beberapa dugaan penyebab terjadinya kebakaran Kilang Minyak Balongan antara lain;

  • Penyebab kebocoran

Terjadinya sambaran petir traveling pada pukul 23.09 WIB yang menyebabkan degradasi pada dinding/plat atau las-lasan di Tangki G yang menyebabkan penurunan penipisan dinding/plat atau las-lasan Tangki G, disusul dengan robek dan bocornya dinding tersebut akibat tekanan mekanik dari dalam tangki yang telah terisi BBM pada level mendekati penuh.

  • Penyebab kebakaran

Terjadi akibat sambaran petir atau induksi pada Tangki G yang berdampak terjadinya segitiga api (udara oksigen, vapor hydrocarbon, serta sambaran petir).

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed