oleh

Tolak RUU KPK, Ratusan Mahasiswa Demo DPRD Kota Malang

-Regional-258 views

Ratusan mahasiswa Malang menggelar aksi demonstrasi menolak RUU KPK di depan kantor DPRD Kota Malang, Jumat (13/9/2019) (ABDULLAH/INDOTRIBUN.ID)

Malang, Indotribun.id – Ratusan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Kota Malang. Massa aksi yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Malang itu turun jalan untuk menolak Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK) Nomor 30 Tahun 2002.

“Ada Sembilan poin dari draf RUU KPK yang sangat kami tolak karena akan melemahkan fungsi dan wewenang kerja KPK,” jelas Ketua Umum PMII Kota Malang, Sena Kogam di sela-sela aksi, Jumat (13/9/2019).

Sembilan poin yang ditolak adalah karena adanya indikasi indepedensi KPK yang terancam, penyadapan dipersulit dan dibatasi, pembentukan dewan pengawas yang dipilih dari DPR, sumber penyidik dan penyelidik di batasi, hingga penuntutan perkara korupsi harus koordinasi dengan Kejaksaan Agung.

Sena Kogam menambahkan, tidak hanya RUU KPK, DPR juga tengah menggodok RUU KUHP yang akan mencabut sifat khusus yang dimiliki KPK, sehingga nanti keberadaannya akan terancam.

Pemuda kelahiran Gresik itu meminta Presiden Jokowi harus tegas mengambil keputusan yang sekiranya tidak melemahkan kedudukan KPK. Ia juga menagih janji politik Jokowi saat berkampanye tentang komitmennya untuk memperkuat lembaga antirasuah tersebut.

“Kita tahu DPR punya wewenang terkait RUU KPK, tetapi jangan sekali-kali menggunakan wewenangnya untuk melumpuhkan KPK,” tegasnya.

Editor: LF

Komentar

News Feed