oleh

Usai Kematian Al-Baghdadi ISIS Tunjuk Pimpinan Baru

-Dunia-106 views

Abu Bakar al-Baghdadi. (Foto/detik.com)

Malang, Indotribun.id – Isis membenarkan atas kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, dan telah menunjuk pemimpin baru yaitu, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi.

“Kami berduka untuk Anda… komandan umat beriman,” dalam sebuah pernyataan audio yang dibacakan juru bicara kelompok jihad tersebut, Abu Hamza al-Quraishi, seperti dilansir AFP, Kamis (31/10/2019).

Dan untuk waktu dekat akan diumumkan kesyahidan al-Baghdadi setelah melalui sidang dewan syura Negara Islam.

“Dewan syura Negara Islam bersidang segera setelah mengkonfirmasikan syahidnya Syekh Abu Bakar al-Baghdadi, dan para sesepuh pejuang suci setuju adanya pengganti,” kata juru bicara ISIS Abu Hasan Al Muhajir.

Abu Hasan mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat, karena Presiden Donald Trump mengumumkan kematian Baghdadi dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih.

“Jangan bersukacita lah dengan Amerika, yang baru terpilih akan membuat Anda melupakan kengerian yang telah Anda rasakan. Dan membuat prestasi hari-hari Baghdadi terasa manis,” ujar Abu Hasan.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengumumkan secara resmi tewasnya pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, dalam serangan yang dipimpin oleh pasukan militer AS di Suriah semalam.

Dikabarkan, Baghdadi bunuh diri bersama tiga anaknya dengan meledakkan rompi bermuatan bahan peledak ketika ia melarikan diri dari pasukan AS ke sebuah terowongan buntu. Penyerangan tersebut terjadi di wilayah Idlib di Suriah Barat Laut.

“Tadi malam Amerika telah menghukum pemimpin teroris dunia nomor satu itu,” kata Trump saat menyampaikan pernyataannya, Minggu (27/10/2019) di Gedung Putih.

Editor: LF

Komentar

News Feed