oleh

Yang Terbaru dari Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Shutterstok

Hingga tanggal 16 Maret, China, Italia dan Iran masih menjadi negara dengan korban virus corona atau Covid-19 terbanyak. Tiga negara tersebut menempati tiga posisi teratas. Di China terdapat 81.079 kasus dengan angka kematian 3.218. Italia dan Iran masing-masing mencapai 24.747 kasus dengan 1.809 kematian dan 13.938 kasus dengan angka kematian mencapai 724.

Di bawah Iran ada Korea Selatan, Spanyol, Jerman, Prancis, Amerika Serikat, Swiss, Inggris Raya, dan banyak lagi negara lainnya. Sebagaimana yang dilaporkan Johns Hopkins University, yang diperbaharui pada 16 Maret 2020 pukul 02.00, di Indonesia terdapat 117 kasus dengan jumlah 5 kematian.

Terdapat lebih dari 120 negara yang telah terinfeksi virus ini. Secara keseluruhan, kasus Covid-19 di dunia per 16 Maret 2020 telah mencapai total kasus 168.134, dengan total kematian mencapai 6.480.

Secara spesifik, ada 117 kasus virus corona di Indonesia. 5 dari jumlah tersebut dinyatakan meninggal dan 8 pasien sembuh. Sementara ini, di Indonesia korban paling banyak Covid-19 berada di usia 50-59, yaitu sebanyak 19 pasien dan usia 30-39 sebanyak 15 orang.

Akibat kejadian tersebut daerah-daerah seperti Jakarta, Depok, Bandung dan beberapa daerah lainnya telah mengeluarkan kebijakan meliburkan sekolah dan menutup sementara tempat-tempat wisata yang memungkinkan terjadinya persebaran Covid-19. Bahkan Anies menunda Ujian Nasioal khusus DKI.

Selain daripada itu, beberapa program televisi yang menghadirkan banyak orang terpaksa harus diberhentikan untuk sementara waktu. Tidak hanya itu, beberapa kampus yang berencana melakukan prosesi wisuda juga harus menundanya hingga waktu yang tidak ditentukan lantaran khawatir dimungkinkan terjadi persebaran coronavirus.

Untuk sementara waktu masyarakat memang dihimbau untuk tidak pergi ke ruang-ruang publik. #dirumahaja menjadi treding di Twitter hingga mencapai 28,4 ribu tweet.

Dengan sangat cepat virus corona menyebarkan kepanikan ke seluruh dunia. Oleh sebab itu, disarikan dari beberapa sumber terpercaya, beberapa hal harus dilakukan agar tidak tertular virus yang satu ini.

Satu, mencuci tangan. Mencuci tangan sangat perlu dilakukan untuk mencegah dari tertularnya Covid-19. Cuci tangan perlu dilakukan sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang intalasi publik.

Dua, mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 menit.

Tiga, jika tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan alkohol 70-80 persen hand rub.

Empat, tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk.

Lima, menggunakan masker saat sakit dan segera pergi ke dokter atau rumah sakit untuk berobat.

Selain dari lima hal tersebut, jika kebetulan ada yang pergi ke wilayah yang terinfeksi corona, disarankan agar jangan menyentuh hewan atau burung. Di samping itu, sebaiknya tidak mengunjungi pasar basah, peternakan, atau pasar hewan hidup. Juga disarankan untuk menghindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed